Meski Halloween biasanya hanya dirayakan di negara-negara barat. Namun dampak dari perayaan ini bisa sampai mewabah ke seluruh dunia. Salah satu caranya dengan bantuan virus komputer.

Untuk itu, lembaga keamanan internet Websense pun mengeluarkan peringatannya kepada para pengguna internet untuk lebih berhati-hati. Jangan sembarang membuka e-mail yang berbau 'Halloween'!

Pasalnya, penjahat cyber punya banyak akal bulus yang dapat memperdaya para pengguna internet yang tak waspada. Misalnya, mengiming-imingi calon korban dengan hadiah dan pemberian layanan lainnya
Padahal ketika si penerima e-mail masuk ke dalam perangkap pelaku, maka yang didapat bukanlah hadiah melainkan serbuan program jahat yang dapat menginfeksi dan mengacaukan komputer pengguna.

Kondisi yang lebih parah, program jahat tersebut bisa dikendalikan pelaku untuk mencuri data-data pribadi si pemilik komputer untuk dikirimkan ke pelaku.

Namun, dilansir Vnunet dan dikutip detikINET, Senin (3/11/2008), kewaspadaan juga harus diberikan ketika mengakses situs-situs populer. Sebab, tak sedikit pula yang mensusupi situs ini dengan script jahat. Websense telah mendeteksi lebih dari 13 ribu script yang telah diinjeksi di situs-situs populer.

Detik.com

0 comments

Post a Comment